Selamat Membaca!!

Rabu, 24 Oktober 2012

Cara Memainkan Harmonika

Harmonika Diatonik Dan Kromatik

Dari berbagai jenis susunan diatonik yang paling populer adalah jenis “major diatonik”,umumnya bernada nada dasar C, namun setiap buah harmonika mempunyai nada dasar yang bervariasi dari C sampai ke G, susunan lubangnya sama, biasanya setiap nada dasar yang berbeda di gunaka untuk transpose nada untuk permainan lubang nada yang sama. Harmonika diatonik jenis ini lebih sering di pergunakanpara pemain Blues dan Rock, dan sebagian pemain Jazz. Diatonik mempunyai 10 lubang dengan dengan susunan nada sepert gambar (Susunan Nada Diatonik sederhana).Bending dan overblow, overdraw
Pada umumnya para pemain blues lebih mengutamakan permainan dengan teknik bending untuk mendapatkan nada yang tidak tesedia pada 10 lubang blow (tiup) dan draw (hisap). teknik Bending adalah pada umumnya hisap dan tiup harmonika dengan cara menarik lidah lebih kedalam untuk mendapatkan efek bending. susunan bending adalah seperti dibawah (lihat nada diatas baris “blow” dan nada di bawah baris “draw)
Overdblow/Overdraw
Adalah teknik berikutnya setelah teknik bending, teknik ini untuk lebih mendapatkan nada nada kromatik pada harmonika diatonik. Perlu banyak latihan untuk melakukan overblow/overdraw ini. sampai saat ini baru beberapa pemain harmonika terkenal yang sudah dapat memamerkan teknik overblow/overdraw tersebut sepert Jason Ricci pada video youtube di sebelah. overblow/overdraw juga di mainkan oleh Howard Levy pemain harmonika diatonik Jazz. susunan overblow/overdraw adalah seperti dibawah (lihat nada diatas baris “blow” lubang 1 sampai 6 dan nada di bawah baris “draw lubang 6 sampai 10)
Harmonika Kromatik

Harmonka kromatik umumnya berukuran lebih besar dari harmonika diatonik, jumlah lubangnya bervariasi dari 10,12 14 dan 16 lubang dan mempunyai tombol pada ujung lubang nada, tombol tersebut adalah untuk menghasilkan nada kromatik – sebagaimana halnya tombol hitam pada piano). Nada dasar nya bervariasi, dari C samapai G, namun nada dasar C lebih banyak digunakan. contoh susunan nada harmonika kromatik adalah seperti dibawah ini (untuk harmonika 12 lubang).

Selasa, 23 Oktober 2012

Cara Belajar Bass Untuk Pemula

Belajar bermain bass untuk pemula

Assalamualaikum Wr.Wb
Nih Aldi kasih tau dulu buat para pembaca yang mau belajar bass
1. Belajar bermain bass atau gitar hampir sama tantangannya,dan kuncinya adalah harus sabar dan rajin.  Jadi klo temen-temen udah bisa maen gitar biasa, pastinya bakalan banyak ngebantu (lebih mudah)buat belajar gitar bass.
2. Secara basic gitar bass dan gitar biasa sama.
3. Kunci dan nada pada bass gitar tidak jauh berbeda dengan gitar cuma beda ukuran senar trus cara metiknya (cara maennya juga beda,hehehe).
Intinya " kalo pengen belajar gitar bass lebih baik belajar gitar biasa dulu (paling gak tau basicnya,gak usah jago2 amat)."

Sebelum Aldi kasih tau gimana cara  belajar bass, Aldi mau ngasih tau dulu nih persiapan buat belajar dan beberapa tips kecil yang mungkin bisa ngebantu temen-temen buat belajar gitar bass
  1. Siapkan gitar bass (kalo gak ada pake gitar bolong/biasa aja), Kalo masih gak ada juga pinjem temen yang punya.
  2. Cari temen yang bisa maen bass,minta ajarin kord basicnya.Kalo ga ada temen yang bisa, otodidak juga gak masalah
  3. Beli buku music, kalo gak modal (seperti saya,hehe) browsing di youtube : lesson bass , klo menrut pengalaman saya sih sangat ngbantu.
  4. Tau nada-nada di tiap senar : loss senar 1 adalah nada G, loss senar 2 adalah nada D,  loss senar 3 nada A dan loss senar empat nada E.
  5. Latian kord dasar (mayor n minor scales). Misal G Mayor tangga nadanya G-A-B-C-D-E-F#-G. Untuk lebih lengkapnya buka di arsip saya tentang mayor n minor scales atau tangga nada mayor minor.
  6. Nyoba maen lagu-lagu yang bass nya gampang (lagu2 pop biasanya bass nya gampang). Nyetel music terus bareng maen pake gitar sendiri,maen pake feel n perhatiin temponya.
  7. Sering-sering dengerin lagu trus perhatiin suara bass nya dan dengerin ikutin ketukan drumm nya soalnya gitar bass tu harus kawin ma drum (kata master gw sih,hehehe)
  8. Kalo ada rencana mo les bass mending belajar basic nya..Soalnya pengalaman sih kalo ditempat les musik tuh biasanya lama di basic nya. So, daripada buang2 uang buat lama2 di tempat les musik mensing belajar endiri dulu basicnya (biar gak kliatan bego2 bgt..hehhee)
Tapi selain yang diatas Aldi juga mau ngasihTips KUNCI yang paling penting buat temen yang mau belajar musik khususnya gitar bass adalah
  • RAJIN,
  • JANGAN PENGEN CEPET BISA (soalnya belajar muik gak bisa instan bro),
  • CONTINUE (lebih baik maen 10 menit tipa hari daripada langsung 10jam tapi tiap bulan doank)
  • SABAR, jangan cepet emosi kalo gak bisa.
  •  

Setelah pengenalan ayo kita belajar  bass nya, pasti aldi ajarin kok (>.~) 

Belajar Bass Slap Untuk Pemula:

1. Biasakanlah jari jari anda tepat pada tempatnya, yaitu sejajar dengan posisi senar, tepat lurus di atasnya, dan biasakanlah tidak miring (karena ini untuk memaksimalkan permainan slap bass untuk membetot bass :D ). Jari jari anda juga mewakili masing masing senar dari senar nomor 1 hingga senar nomor 4. Lihat pada gambar berikut ini:
posisi jari jari teknik berlajar bermain slap bass


2. Permainan bass teknik slap lebih sering menggunakan nada octave. yaitu misalkan anda menggunakan kunci G, maka nada yang akan anda petik adalah nada rendah G dan nada octave/tinggi dari G. Nada kunci G berada pada freet ke 3 pada senar paling besar. Sedangkan oktave nya adalah pada fret ke 6 senar nomor 2 dari bawah yaitu yang akan memberikan nada G tinggi. Yang perlu diingat dalam teknik ini adalah posisi pergelangan tangan anda harus lurus dengan permukaan neck bass, supaya mudah bergerak, memang pertama kali anda akan merasa kurang bertenaga untuk memencet senarnya, tapi latihlah pelan pelan hingga anda mampu menekan senar dengan benar dan nantinya akan mendukung peremainan yang lebih cepat. Intinya jangan menggenggam neck bass. Lihat gambar berikut:
Posisi pergelangan tangan dalam memainkan teknik bass slap octave


3. Berikutnya yang perlu diperhatikan adalah memposisikan jempol anda lurus dengan senar bass yang paling atas yaitu nada E. Lihat gambar berikut:
posisi jempol lurus dengan senar dalam permainan bass teknik slap



4. Kemudian, mulailah memetik, dengan memukulkan jempol anda ke senar nomor 4, pastikan mengenai bagian tengah jempol pinggir kuku, yang kemudian berhenti pada senar dibawahnya yaitu senar nomor 3. Lakukan berulang ulang hingga anda terbiasa.




5. Berikutnya adalah membetot bass  (biasanya yang dibetot adalah 2 senar dari bawah yaitu senar nomor 1 dan 2 yang biasanya adalah untuk nada octave). Nah, anda bisa membetotnya dengan menggunakan jari tengah atau jari manis, atau kalau kurang kuat, dan agar suara betotannya lebih kencang, anda bisa menggunakan dua duanya seperti pada gambar berikut:




 6. Nah, kalau sudah belajar metik senar yang besar dengan teknik memukul senar dengan menggunakan jempol, berikutnya adalah memadukannya dengan teknik betot. Jadi yang namanya teknik slap (pukul) itu sebenarnya kombinasi dari slap dan pick (betot). Sekarang latihan yang perlu anda jalankan adalah menslap senar besar misal nada G rendah, kemudian membetot nada tinggi octave G. Lakukan untuk semua Nada mulai dari A hingga G sesering mungkin. Anda akan terbiasa dan segera malaju ke teknik yang lebih mahir.


Demikian sedikit hal yang perlu diperhatikan oleh para pemula untuk belajar slap bass dari Aldi.
"Terus berlatih, dan lakukan dengan disiplin, karena dengan disiplin, maka akan terbentuk skill skill yang mendukung permainan yang lebih susah". Kalau dari awal sudah salah teknik, biasanya akan susah dibenahi.
Pastikan anda membangun akurasi dan kekuatan jari jari anda dalam menekan senar dan fret dan berpindah pindah dari fret satu ke yang lainnya dengan cepat tanpa hambatan, dan latih terus kekuatan dan akurasi dalam menslap dan membetot (bahasa kerennya).

Sekian pembelajaran untuk bass kali ini dari Aldi, insyaallah aldi updatelagi info nya
Terimakasih ya udah dibaca, semoga dipelajari juga cara-caranya,
Twitter nya follow dong! @Aldiii_R

Komentar-nya isi ya
Wassalamualaikum Wr.Wb

Kamis, 18 Oktober 2012

Cara Cepat Main Gitar


Cara Cepat Bermain Gitar Untuk Pemula 

Hai semua,

Sekarang Aldi mau kasih tau cara belajar gitar khusus buat pemula (^_^)

Pada postingan ini Aldi akan bagi-bagi pengalaman ke temen-temen,yaitu mengenai cara cepat dalam bermain gitar. Khusunya buat pemula ya >_~

Yang harus sobat perhatikan dalam bermain gitar adalah cara dalam memegang gitar bagaimanapun caranya agar terasa nyaman!!!Karena menurut pengetahuan saya yang terbatas  ini (terbatas bro^_^) jika cara memegang gitar salah dalam memainkannya akan timbul kesulitan #itu pengalaman pembuat blog dalam bermain gitar

selain itu ada hal yang harus anda perhatikan adalah:
1) celupkan tangan sobat ke air hangat agar jari" sobat terasa nyaman.
2) sebelum memainkan gitar ambil atau mainkan  kunci" sederhana seperti kunci A,B,C,D,E,F,G dan minornya!!! 
           Sobat tidak perlu dulu bermain seperti pegitar internasional yang sudah sangat ahli, "tapi cukup bermain dengan sederhana"

Senin, 15 Oktober 2012

Sejarah Gitar


Ada yang mengatakan bahwa gitar awalnya merupkan sebuah alat musik tradisional dari daerah spanyol akan tetapi ada yang mengatakan bahwa gitar telah ada sebelum masehi, yaitu pada zaman Babilonia.

Kata Gitar(guitar), pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia pada kira-kira tahun 1500 SM yang dikenal sebagai citar atau sehtar.

 Alat musik ini kemudian berkembang menjadi berbagai macam model gitar kuno yang dikenal dengan istilah umum tanbur. Pada tahun 300 SM Tanbur Persia dikembangkan oleh bangsa Yunani dan enam abad kemudian oleh bangsa Romawi (Bellow, 1970:54-55).
Pada tahun 476M alat musik ini dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan bertransformasi menjadi:
 (1) guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi, dan
(2) Guitarra Latina untuk memainkan akor.

Tiga abad kemudian bangsa Arab membawa semacam gitar gambus dengan sebutan al ud ke Spanyol (Summerfield, 1982:12). Berdasarkan konstruksi al ud Arab dan kedua model gitar dari Romawi tersebut, bangsa Spanyol kemudian membuat alat musiknya sendiri yang disebut vihuela. Sebagai hasilnya, vihuela menjadi populer di Spanyol sementara alat-alat musik pendahulunya sedikit demi sedikit ditinggalkan. Walaupun demikian al ud dibawa orang ke negara-negara Eropa Barat dan menyaingi popularitas vihuela di Spanyol. Di Eropa al ud disambut dengan baik dan berkembang menjadi berbagai model lute Eropa hingga kira-kira akhir abad ke-17. Sementara itu vihuela berkembang terus menjadi berbagai macam gitar selama berabad-abad hingga akhirnya menjadi gitar klasik yang digunakan pada saat ini.

 Awalnya alat musik gitar tidak populer dan banyak yang tidak mengerti fungsi gitar secara baik sebagai alat musik dan permainan yang menyenangkan  ^_^

Ini hanya pengenalan sejarah gitardoang dari Aldi buat pembaca setia yang belum sejarahnya gitar itu kayak gimana, semoga bermanfaat ya